SUMBAR,DISWAY.ID - Pemprov Sumbar memberikan penghargaan kepada 14 Organisasi Perangkat Daerah (DPO).
Penghargaan ini diberikan kepada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik), atas kontribusinya sebagai tim penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2024.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menekankan pentingnya pelayanan publik yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Ia mengapresiasi capaian SPM Provinsi Sumbar yang menempati posisi terbaik di Sumatera dan peringkat ketiga secara nasional.
“Kita melakukan yang terbaik bukan karena fasilitas yang berlebih. Itu semua orang bisa. Maka, diharapkan kita semua tetap memberikan yang terbaik, bagaimana pun situasinya,” ujar Gubernur Simbar di Ruang Rapat Istana Gubernur, Padang, pada Jumat (11/7/2025).
Menurut Mahyeldi, pelayanan publik merupakan tugas utama pemerintah. Untuk itu, dibutuhkan kecerdasan, keikhlasan, serta keberanian untuk bertindak nyata dan proaktif.
“Kalau bapak ibu tidak turun ke lapangan, tidak akan tahu kebutuhan masyarakat. Kepala dinas itu harus turun ke lapangan, jangan menutup diri dari masyarakat,” lanjutnya.
Diskominfotik Sumbar menjadi salah satu penerima penghargaan sebagai tim pendukung penerapan SPM, meski bukan OPD pengampu layanan dasar. Penghargaan ini menjadi pengakuan atas peran Diskominfotik dalam mendukung keterbukaan informasi dan layanan digital pemerintahan yang menunjang ekosistem pelayanan publik.
“Sebenarnya kalau Diskominfotik ini tidak langsung (mengampu SPM), tapi alhamdulillah kita tetap diberi penghargaan. Artinya, layanan kita sudah memenuhi standar dan bisa membantu OPD lain,” ungkap Kepala Diskominfotik Sumbar, Siti Aisyah.
Terkait arahan Gubernur, Siti juga menyampaikan bahwa Diskominfotik akan segera menindaklanjutinya. Salah satu langkah terdekat adalah penguatan layanan informasi kebencanaan yang akan dijalankan bersama BPBD Sumbar.
Selain Diskominfotik, 13 OPD lainnya yang menerima penghargaan adalah Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas BMCKTR, Dinas Perkimtan, Satpol PP, BPBD, Dinas Sosial, Inspektorat, BPKAD, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Biro Pemerintahan dan Otda.
Penghargaan ini menjadi wujud apresiasi atas semangat kolaboratif antar-OPD dalam memenuhi pelayanan dasar bagi masyarakat. Pemprov Sumbar berharap seluruh perangkat daerah terus meningkatkan komitmen, inovasi, dan tanggung jawab dalam membangun sistem pelayanan publik yang efektif dan merata di seluruh Sumbar.