Sambut Hari Pelanggan Nasional, BTN Dengan Aspirasi Nasabah

Sambut Hari Pelanggan Nasional, BTN Dengan Aspirasi Nasabah-dok. istimewa-
SUMBAR.DISWAY.ID, Tangerang – Dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mengadakan kunjungan ke perumahan di daerah Kabupaten Tangerang, Banten untuk mendengarkan aspirasi dari para nasabah. Langkah tersebut sebagai bagian dari upaya perseroan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan.
Dalam kesempatan ini, BTN juga memberikan berbagai promo menarik sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada para nasabah, termasuk debitur ritel dan mitra developer.
Adapun, pertemuan dengan nasabah dilaksanakan di Perumahan Kota Sutera, Tangerang, yang dibangun oleh MAS Group, pengembang properti yang aktif sejak 2013. Dalam kunjungan tersebut, Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu bersama Direktur Operations BTN I Nyoman Sugiri Yasa, serta Direksi MAS Group bertemu dengan para debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN di proyek perumahan tersebut dan mengunjungi proyek terbaru yaitu SEION Tangerang.
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, Hari Pelanggan Nasional menjadi momentum bagi BTN untuk menunjukkan komitmennya dalam memberikan apresiasi dan pelayanan terbaik bagi nasabah. Dengan tema tahun ini bertajuk “Think Costumer”, BTN menempatkan nasabah sebagai aspek esensial dan tidak terpisahkan dari perkembangan bisnisnya.
BACA JUGA:BTN Bukukan Laba Bersih Rp 1,7 Triliun, Tumbuh 13,6%
“Pemenuhan kebutuhan nasabah merupakan prioritas dan kewajiban kami. Sehingga pada momentum Hari Pelanggan Nasional ini, kunjungan langsung ke rumah nasabah kami lakukan untuk memastikan kualitas perumahan hingga kelancaran dalam mengakses berbagai produk dan layanan milik BTN,” tutur Nixon di Kabupaten Tangerang, Kamis (4/9).
Lebih lanjut, Nixon mengatakan, BTN selalu terbuka dalam menerima aspirasi dan masukan nasabah serta mitra untuk peningkatan layanan BTN, baik transaksi di cabang maupun channel digital, sejalan dengan visi BTN yakni menjadi “Mitra Utama dalam Pemberdayaan Finansial Keluarga Indonesia”.
“Setiap aspirasi dan masukan dari nasabah dan mitra BTN akan menjadi landasan bagi kami untuk terus berupaya meraih service excellence terbaik di setiap aktivitas bisnis, mulai dari penyediaan produk dan layanan KPR hingga pengelolaan keuangan dan investasi nasabah,” tutupnya.
Nixon melanjutkan peningkatan yang dilakukan di channel digital di antaranya dengan kehadiran aplikasi Bale by BTN untuk memenuhi kebutuhan finansial nasabah, serta Bale Properti untuk membantu masyarakat mewujudkan hunian impian.
“BTN terus melakukan inovasi secara berkelanjutan untuk Bale by BTN sebagai solusi transaksi keuangan dengan beragam fitur untuk memenuhi kebutuhan nasabah masa kini. Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Bale by BTN tersebut tercermin dari jumlah user Bale yang telah mencapai 2,7 juta hingga akhir semester I-2025 dan diharapkan dapat menembus 3,6 juta pada akhir tahun ini,” ujar Nixon.
BACA JUGA:BTN Siap Layani Transaksi Perbankan 6,5 Juta Jemaat HKBP
Layanan digital lainnya yang juga terus ditingkatkan kualitasnya yaitu Bale Properti untuk membantu masyarakat mewujudkan impian mereka untuk memiliki hunian. Nixon mengungkapkan, Bale Properti dinilai nasabah sebagai solusi yang mempermudah proses pengajuan KPR, terlihat dari jumlah pengajuan KPR secara online di BTN yang mencapai 27.900 hingga Juni 2025, melonjak hampir 150% secara year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 11.300 pengajuan.
Berbagai upaya peningkatan kualitas produk dan layanan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap keberlangsungan bisnis BTN. “Pelayanan yang baik akan berdampak positif bagi kepuasan dan loyalitas nasabah, serta peningkatan layanan ke arah digital dapat memperkuat daya saing BTN di tengah persaingan industri yang semakin ketat,” tutur Nixon.
Berkaitan dengan momentum Hari Pelanggan Nasional, BTN juga telah menyiapkan berbagai promo menarik yang dapat dinikmati oleh nasabah, di antaranya yakni Bale 3S Cashback 30% untuk pembayaran menggunakan QRIS Bale by BTN di merchant-merchant seperti Sun Kado, Zulaikha, Dcost, Yoshinoya, dan lain-lain.
Selain itu, perseroan juga menawarkan promo suku bunga KPR mulai dari 2,65% dengan fixed rate selama 3 tahun. Lalu, BTN juga memberikan benefit sampai dengan Rp100.000 bagi nasabah baru maupun existing BTN yang membuka tabungan Batara atau tabungan berjangka e-Siap hingga berbagai promo lainnya.
BACA JUGA:Gandeng Jakpro dan Ancol, BTN Berkomitmen Jadikan Jakarta Kota Global
Sementara itu, dalam momentum yang sama, seluruh Direksi BTN pun ikut turun langsung mendengar aspirasi nasabah di berbagai daerah. Di antaranya Wakil Direktur Utama BTN Oni Febriarto Rahardjo menemui nasabah di Kudus, Semarang. Kemudian Direktur Human Capital and Compliance BTN Eko Waluyo menyapa nasabah di Kantor Cabang Bekasi, Direktur Network & Retail Funding BTN Rully Setiawan menyapa nasabah di Kantor Cabang Bandung serta Direktur Commercial Banking BTN Hermita menyapa nasabah di Kantor Cabang BTN Medan.
Direktur Consumer Banking BTN Hirwandi Gafar juga ikut menemui pelanggan dengan berkunjung ke Perumahan Griya Famili 4 Cibitung dan Wiratama Estate 3 Setu, Kabupaten Bekasi. Lalu, Direktur Information Technology Tan Jacky Chen mengunjungi nasabah di Pontianak, Direktur Treasury and International Banking BTN Venda Yuniarti di KC Kuningan, Direktur Finance & Strategy Nofry Rony Poetra di Digital Store Kuningan, Direktur Corporate Banking Helmy A. Nugroho di KC Kebon Jeruk, Direktur Risk Management Setiyo Wibowo di KC Cibubur, dan SEVP Digital Business Thomas Wahyudi di Merchant BTN Raja Pecak Nusantara Cipondoh.
Sumber: